Selasa, 15 Juni 2010

Profil


Sekilas – Astra Honda Motor
Berdiri pada tahun 1971 dengan nama PT Federal Motor kemudian berubah menjadi Astra Honda Motor pada tahun 2000 setelah melakukan merger. Memiliki 3 line produksi dengan mempekerjakan 13.027 orang karyawan. Kapasitas produksi AHM adalah 3 juta unit setahun. Telah memproduksi motor sebanyak 15 juta unit lebih.

  • Penjualan : Memiliki jaringan showroom di 30 propinsi sebanyak lebih dari 1500 dealer

  • Jaringan 3s : AHASS merupakan andalan AHM dalam memuaskan konsumen

  • Produk unggulan : Honda Supra dan Honda Megapro

  • Produk kebanggaan : Honda Tiger Revo

  • Produk ikon – legendaris : Honda Tiger 2000 dan Honda Astrea
Kunci sukses Astra Honda Motor
Setiap produsen tentunya memiliki strategi khusus dalam memasarkan produknya, AHM yang selama ini menguasai pasar domestik tentunya memiliki beberapa strategi khusus diantaranya

  • Promosi : Menonjolkan image sebagai motor paling hemat dikelasnya

  • Jaminan : Produk awet dengan suku cadang terjamin melalui AHASS
Kritik terhadap AHM
Pasti ada yang tidak puas terhadap ATPM satu ini, dan keluhan konsumen yang paling di suarakan antara lain

  • Produk outdated : Sering dianggap Jadul dan terlalu sering berganti baju dan minim fitur baru

  • Minim Variasi : Seuluruh produk AHM kebanyakan merupakan produk kuda beban

Sekilas – Yamaha Motor Kencana Indonesia
Berdiri pada tahun 1974. Kini memiliki 3 jalur perakitan dengan mempekerjakan sekitar 6.000 lebih karyawan. Kapasitas produksi YMKI adalah 3.500 motor per hari atau sekitar 1.277.000 motor setahun. Sampai dengan tahun 2006 telah memadati indonesia dengan memproduksi 5 juta sepeda motor.
  • Memiliki dealer lebih dari 800 buah yang tersebar di 30 propinsi
  • Jaringan bengkel dikenal dengan Bengkel Resmi Yamaha
  • Produk Unggulan : Yamaha Vega R, Yamaha Mio
  • Produk kebanggan : Yamaha V-Ixion
  • Produk ikon – legendaris : Yamaha RX-King dan Yamaha F1Z
Kunci sukses penjualan Yamaha
Ini dia resep Yamaha sehingga bisa menempel bahkan mengungguli penjualan Astra Honda Motor

  • Promosi : Menonjolkan image motor kencang dan sporti plus keterlibatan Valentino Rossi

  • Jaminan : Produk memiliki fitur canggih dan bervariatif untuk pasar lokal
Kritik terhadap YMKI
Bagi konsumen yang alergi terhadap produk YMKI antara lain disebabkan oleh faktor berikut

  • Penjualan : Butuh inden berbulan bulan terutama yang ingin membeli secara cash.

  • Perawatan dan image Yamaha bagi sebagian kalangan masih berada dibawah Honda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar