Sekilas – Astra Honda Motor
Berdiri pada tahun 1971 dengan nama PT Federal Motor kemudian berubah menjadi Astra Honda Motor pada tahun 2000 setelah melakukan merger. Memiliki 3 line produksi dengan mempekerjakan 13.027 orang karyawan. Kapasitas produksi AHM adalah 3 juta unit setahun. Telah memproduksi motor sebanyak 15 juta unit lebih.
Penjualan : Memiliki jaringan showroom di 30 propinsi sebanyak lebih dari 1500 dealer
Jaringan 3s : AHASS merupakan andalan AHM dalam memuaskan konsumen
Produk unggulan : Honda Supra dan Honda Megapro
Produk kebanggaan : Honda Tiger Revo
Produk ikon – legendaris : Honda Tiger 2000 dan Honda Astrea
Kunci sukses Astra Honda Motor
Setiap produsen tentunya memiliki strategi khusus dalam memasarkan produknya, AHM yang selama ini menguasai pasar domestik tentunya memiliki beberapa strategi khusus diantaranya
Promosi : Menonjolkan image sebagai motor paling hemat dikelasnya
Jaminan : Produk awet dengan suku cadang terjamin melalui AHASS
Kritik terhadap AHM
Pasti ada yang tidak puas terhadap ATPM satu ini, dan keluhan konsumen yang paling di suarakan antara lain
Produk outdated : Sering dianggap Jadul dan terlalu sering berganti baju dan minim fitur baru
Minim Variasi : Seuluruh produk AHM kebanyakan merupakan produk kuda beban
Sekilas – Yamaha Motor Kencana Indonesia
Berdiri pada tahun 1974. Kini memiliki 3 jalur perakitan dengan mempekerjakan sekitar 6.000 lebih karyawan. Kapasitas produksi YMKI adalah 3.500 motor per hari atau sekitar 1.277.000 motor setahun. Sampai dengan tahun 2006 telah memadati indonesia dengan memproduksi 5 juta sepeda motor.
- Memiliki dealer lebih dari 800 buah yang tersebar di 30 propinsi
- Jaringan bengkel dikenal dengan Bengkel Resmi Yamaha
- Produk Unggulan : Yamaha Vega R, Yamaha Mio
- Produk kebanggan : Yamaha V-Ixion
- Produk ikon – legendaris : Yamaha RX-King dan Yamaha F1Z
Kunci sukses penjualan Yamaha
Ini dia resep Yamaha sehingga bisa menempel bahkan mengungguli penjualan Astra Honda Motor
Promosi : Menonjolkan image motor kencang dan sporti plus keterlibatan Valentino Rossi
Jaminan : Produk memiliki fitur canggih dan bervariatif untuk pasar lokal
Kritik terhadap YMKI
Bagi konsumen yang alergi terhadap produk YMKI antara lain disebabkan oleh faktor berikut
Penjualan : Butuh inden berbulan bulan terutama yang ingin membeli secara cash.
Perawatan dan image Yamaha bagi sebagian kalangan masih berada dibawah Honda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar